Memenuhi Kebutuhan Mesin Usaha Anda!

  • Hubungi Ahlinya +62 813 2959 2966

Call

+62 813 2959 2966

Email

almesindomesin@gmail.com

Alamat

Perum. GBA No. 17 Blok F, Bungah

5 Mesin Ini Memudahkan Usaha Peternakan Anda

5 Mesin Ini Memudahkan Usaha Peternakan Anda – Bekerja di peternakan tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjaga peternakan tetap stabil. Mulai dari mesin peternakan yang digunakan, perawatan lingkungan peternakan, perawatan peralatan, perawatan hewan ternak, pengelolaan limbah, pengelolaan pakan, dan lain sebagainya. Bekerja sebagai pengelola peternakan jelas merupakan pekerjaan yang tidak mudah.

Peternakan merupakan sebuah kegiatan untuk membudidayakan hewan-hewan ternak sehingga bisa menghasilkan manfaat. Banyak jenis hewan yang bisa dibudidayakan dan yang paling sering kita temukan di Indonesia adalah sapi, kambing, ayam, bebek, dan mungkin masih banyak lagi. Setiap peternakan memiliki fokus masing-masing sesuai dengan hewan yang dibudidayakan.

Setiap hewan ternak menghasilkan manfaat yang berbeda-beda. Produk yang dihasilkan dari sebuah peternakan tergantung pada hewan yang dibudidayakan. Misalnya, yang paling mudah adalah peternakan ayam. Dari sebuah peternakan ayam bisa dihasilkan telur dan daging ayam. Lain halnya dengan peternakan sapi yang menghasilkan susu sapi.

Peran Mesin Peternakan

Jaman dulu, usaha peternakan sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia terutama mereka yang tinggal di pedesaan. Beternak hewan menjadi salah satu cara bagi mereka untuk mencari nafkah yang halal. Sebelum adanya teknologi, segala macam kegiatan peternakan dilakukan secara manual. Kini, pekerjaan peternakan sudah semakin mudah untuk dilakukan.

Untuk memperlanjar semua pekerjaan di sebuah peternakan, dibutuhkan alat-alat khusus. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini sudah ada banyak sekali jenis mesin yang bisa digunakan di peternakan. Mesin peternakan memiliki fungsi masing-masing yang bisa memperlancar pekerjaan anda di peternakan. Kali ini kita akan membahas satu per satu dari 5 jenis mesin peternakan yang bisa anda gunakan.

1. Mesin Penetas

Sesuai dengan namanya, mesin penetas digunakan untuk menetaskan telur. Tidak hanya telur ayam yang bisa menetas dengan bantuan mesin ini tetapi juga jenis telur lain seperti telur bebek, puyuh, dan jenis unggas lainnya. Mesin peternakan yang satu ini dinilai sangat berguna bagi para peternak karena bisa membantu mempercepat dan memperlancar proses penetasan telur.

Proses penetasan telur sebenarnya bisa terjadi secara alami. Sang induk akan mengerami telur hingga menetas sempurna. Namun, seringkali penetasan telur secara alami ini tidak berjalan dengan lancar karena berbagai faktor misalnya cuaca, kondisi induk, pakan, dan lain sebagainya. Jika tidak dibantu dengan menggunakan alat, maka telur-telur yang ada mungkin tidak bisa menetas dengan baik.

mesin penetas telur otomatis

Cara Kerja Mesin Penetas

Lalu bagaimana mesin penetas bekerja? Mesin penetas akan menampung telur dan melakukan pengeraman tanpa induk. Pengeraman telur dilakukan dengan menggunakan bantuan dari lampu pijar dengan daya 5 watt. Mesin penetas telur memiliki rak tempat telur yang bisa berputar sehingga suhu yang diberikan bisa merata ke semua telur yang disimpan di dalam rak.

Mesin penetas telur bisa disebut juga sebagai pengganti induk. Mesin peternakan ini bisa bekerja dengan baik dipengaruhi oleh empat faktor. Pertama, suhu atau temperatur. Kedua, kelembaban di dalam ruang penyimpanan telur atau inkubator. Ketiga, jumlah pemutaran telur dan yang keempat adalah ventilasi.

Bagaimana kita bisa mengetahui suhu di dalam mesin penetas? Di dalam mesin penetas terdapat alat yang disebut termostat. Termostat inilah yang akan mengatur suhu di dalam inkubator. Sementara itu, kita bisa mengetahui naik turun suhu dalam inkubator menggunakan alat termometer.

Mesin penetas akan memperbesar peluang telur-telur untuk menetas. Selain itu, dengan menggunakan mesin penetas anda juga bisa melindungi telur-telur dari pemangsa. Jadi, kemungkinan semua telur bisa menetas dengan sempurna dalam kondisi sehat akan jauh lebih besar daripada anda membiarkan induk mengerami telur secara alami.

2. Mesin Pemerah Susu

Mesin peternakan berikutnya yang akan anda butuhkan adalah mesin pemerah susu. Mesin ini akan sangat berguna bagi anda yang memiliki peternakan sapi, kambing, maupun kuda. Hewan-hewan ini bisa menghasilkan susu dan untuk mendapatkan susu dari hewan-hewan ini perlu dilakukan pemerahan.

Mengapa harus digunakan mesin pemerah susu jika anda bisa memerah susu secara manual? Penggunaan sebuah mesin dibutuhkan agar pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Pemerahan susu dengan menggunakan mesin bisa menghasilkan susu perahan yang lebih banyak jumlahnya daripada susu hasil pemerahan secara manual.

mesin perah susu sapi

Cara Kerja Mesin Pemerah Susu

Pada dasarnya mesin pemerah susu didesain sama seperti konsep pemerahan susu secara manual. Terdapat bagian penyedot yang dihubungkan atau dipasang langsung pada puting kemudian ada selang dan ada penampung susu hasil perahan. Prosesnya berjalan dengan mudah dan anda tinggal menunggu susu hasil perahan masuk ke dalam tabung penampung.

Dengan adanya mesin pemerah susu, tentu saja peternak menjadi lebih mudah melakukan pekerjaan mereka. Mesin peternakan yang satu ini akan membuat anda hemat tenaga namun bisa mendapat hasil yang maksimal.

3. Mesin Pencabut Bulu

Mesin peternakan berikutnya yang harus anda ketahui adalah mesin pencabut bulu. Sesuai dengan namanya, mesin ini digunakan untuk mencabut bulu pada ayam dan unggas lainnya. Jenis mesin ini sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki peternakan ayam atau unggas dan menjual daging dari hewan unggas tersebut. Karena dagingnya yang akan dijual maka bulu unggas harus dibersihkan terlebih dahulu.

Pembersihan bulu unggas bisa membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi biasanya pembersihan bulu unggas secara manual belum tentu bisa bersih. Mungkin masih ada banyak sisa-sisa bulu yang menempel dan belum tercabut. Karena itulah dibutuhkan alat pencabut bulu agar proses pencabutan bulu bisa lebih efektif, cepat, dan hasilnya memuaskan.

Mesin Pencabut Bulu Ayam

Cara Kerja Mesin Pencabut Bulu

Teknologi memang memudahkan kita melakukan berbagai hal termasuk pekerjaan di peternakan. Mesin pencabut bulu menjadi salah satu bentuk kemudahan yang bisa anda nikmati. Mesin ini bekerja dengan cara yang sangat sederhana. Siapa saja pasti bisa mengoperasikan mesin pencabut bulu ini hanya dengan satu kali belajar dan mencoba karena memang sangat mudah untuk dipakai.

Anda bisa langsung memasukkan ayam ke dalam mesin. Namun sebelumnya pastikan ayam sudah direndam dalam air hangat sebelum ayam dimasukkan ke dalam mesin. Anda bisa menghidupkan mesin terlebih dahulu selama 15 menit baru kemudian proses pencabutan bulu bisa dimulai. Setelah semua bulu tercabut dan badan ayam sudah bersih maka anda bisa langsung membuang semua bulu yang ada di alat.

4. Mesin Pencacah

Mesin peternakan yang akan kita bahas selanjutnya adalah mesin pencacah. Apa sebenarnya mesin pencacah itu? Mesin pencacah merupakan mesin yang digunakan untuk mengolah aneka jenis rumput menjadi makanan ternak. Biasanya mesin ini juga disebut dengan mesin pencacah rumput walaupun sebenarnya bisa juga digunakan untuk mencacah jerami, batang jagung, dan lain sebagainya.

Hasil cacahan dari mesin pencacah ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk makanan ternak. Mesin peternakan ini lebih bersifat multifungsi karena bisa menghasilkan cacahan yang juga dibuat sebagai kompos organik. Mesin pencacah rumput tersedia dalam beberapa pilihan berdasarkan kapasitasnya mulai dari yang kapasitas 100-200 kg/jam sampai 1 hingga 2 ton/jam.

jual mesin chopper multifungsi

Cara Kerja Mesin Pencacah

Bagaimana mesin pencacah ini bekerja? Cara kerja mesin pencacah tidaklah rumit. Mesin peternakan ini bisa bekerja karena adanya tenaga motor bensin, ada juga yang motor diesel dan ada juga yang menggunakan motor listrik. Ketika mesin dinyalakan maka pisau akan bergerak dan berputar dengan cepat. Pisau yang digunakan bisa terbuat dari bahan baja maupun planner stainless.

Setelah pisau berputar, anda bisa langsung memasukkan rumput dan bahan-bahan lainnya melalui corong yang tersedia. Pisau akan mencacah rumput dan semua bahan yang masuk ke dalam mesin sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian hasil cacahan akan keluar lewat corong yang ada di bagian output.

Mesin pencacah digunakan karena bisa memberikan banyak keuntungan. Dengan adanya mesin peternakan ini, kita bisa dengan mudah menghasilkan makanan untuk ternak lewat rumput dan bahan-bahan lain. Proses fermentasi dan pemberian pakan pada hewan ternak juga akan semakin mudah. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan hasil cacahan sebagai pupuk kompos.

5. Mesin Mixer

Mesin peternakan yang satu ini juga digunakan untuk menghasilkan pakan ternak secara efektif dan efisien. Sesuai dengan namanya, mesin ini digunakan untuk mencampur atau mengaduk bahan-bahan pakan ternak. Mesin ini akan menyingkat waktu persiapan pakan ternak, apalagi jika anda memiliki ternak dalam jumlah banyak sehingga harus mempersiapkan pakan dalam skala besar.

Sama halnya seperti mixer yang digunakan untuk mencampur adonan kue ketika memasak, mesin peternakan mixer ini juga memiliki konsep yang sama. Alat ini didesain khusus agar bisa mencampur beragam bahan pakan ternak yang berbentuk butiran maupun tepung. Mesin mixer tersedia di toko dengan variasi yang berbeda berdasarkan kapasitas yang dimiliki mulai dari 100 kg hingga 2 ton.

mesin mixer pakan

Cara Kerja Mesin Mixer

Mesin peternakan yang satu ini bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Dalam mesin mixer terdapat alat pengaduk yang bisa bergerak secara horisontal maupun vertikal. Ketika bahan-bahan dimasukkan ke dalam mesin, dan mesin dinyalakan maka pengaduk akan bergerak dan beputar mencampur semua bahan menjadi satu. Semudah itu, anda tinggal menunggu mesin bekerja menghasilkan adonan pakan yang tercampur sempurna.

Sebelum ada teknologi mesin mixer ini, para peternak melakukan pencampuran pakan secara manual. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, mencampur pakan secara manual sama sekali tidak efektif. Pengunaan mesin peternakan mixer ini bisa mempermudah anda mencampur pakan. Hasil pencampuran juga akan lebih bagus dan merata sehingga hewan ternak bisa mencernanya dengan mudah.

 

Pembelian Mesin Peternakan

Penggunaan mesin peternakan memang terbukti sangat membantu meringankan pekerjaan anda. Tak hanya meringankan pekerjaan, namun hasil yang didapatkan juga bisa jauh lebih baik daripada anda mengerjakan semuanya secara manual. Peternakan anda bisa berkembang pesat jika anda bekerja secara efektif dengan memanfaatkan beragam jenis mesin peternakan sesuai fungsinya.

Dimana anda bisa mendapatkan beragam jenis mesin peternakan? Anda bisa membelinya di toko yang jual alat peternakan baik offline maupun secara online. Sekarang alat-alat semacam ini bisa anda dapatkan dengan mudah secara online salah satunya di Almesindo.com.

Almesindo.com menyediakan mesin peternakan yang bisa membantu anda untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Kini sudah bukan waktunya lagi melakukan segalanya secara manual karena sudah ada teknologi modern yang bisa kita manfaatkan. Dapatkan penawaran harga terbaik untuk mesin peternakan yang anda butuhkan sekarang juga!

 

Trackbacks & Pings

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.